Waspadai Kolesterol Naik saat Berpuasa

Waspadai Kolesterol naik saat Berpuasa.- Pada penderita kolesterol, program diet dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan menggantinya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang lebih mungkin bisa menurunkan kadar kolesterol walaupun tidak bersifat selamanya. Ketika diet sudah tidak dilakukan, bisa jadi kadar kolesterol meningkat kembali karena pola makan yang tidak disiplin pada penderita kolesterol terutama penderita karena genetika.

Bagaimana dengan berpuasa ? berpuasa mungkin bisa menurunkan kadar kolesterol, hanya yang perlu diwaspadai, saat berbuka puasa dimana nafsu makan meningkat dan rasa haus sudah tidak tertahan, apapun jenis makanan bisa kita makan. Hidangan berbuka puasa yang identik dengan minuman dingin dan kolak yang mengandung banyak santan, dapat memicu kolesterol dalam darah naik. Apalagi sajian berupa gorengan yang tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat kita karena menjadi makanan favorite menjadi prenyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

Saat berpuasa, dianjurkan untuk minum air hangat agar perut tidak terlalu kaget ketika diberikan asupan minuman dingin. Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak ditambah minuman yang dingin, kolesterol dalam darah tidak akan larut tetapi bisa menjadi beku dan menempel pada dinding pembuluh darah dan ini yang pada akhirnya mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pada pembuluh darah yang berakibat serangan jantung dan stroke.

Hidangan yang disajikan ketika berbuka puasa di luar rumah pun tidak terlalu berbeda, bahkan lebih banyak mengandung kolesterol jahat. Kebiasaan berbuka puasa bersama di restoran cepat saji yang justru menyajikan banyak makanan menganduk lemak, bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Saat berpuasa, tubuh kekurangan asupan makanan baik yang berakibat menurunnya metabolisme tubuh, karena itu saat berbuka dan tubuh menerima asupan makanan, hendaknya dimulai dengan makanan yang ringan seperti kurma yang konon katanya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. karbohidrat dan protein sangat dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah sehari berpuasa. Vitamin yang terdapat pada buah dan sayur juga akan mengembalikan kesegaran tubuh dan memberikan daya tahan tubuh terhadap penyakit walaupun saat berpuasa.

Konsumsi suplemen atau obat herbal saat berbuka puasa atau menjelang sahur, dianjurkan untuk membantu daya tahan tubuh dan menghindari penyakit yang sudah ada pada tubuh kita agar tidak menyerang saat berpuasa. Dragon Noni sebagai obat herbal yang baik untuk turunkan kolesterol, bisa jadi temen anda dirumah menjaga kesehatan anda saat berpuasa. Klik website obatkolesterol.co.id untuk mendapatkan  obat herbal ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s