Sejarah Asal Usul Batik Nusantara

Sejarah dan Asal Usul Batik – Batik indonesia atau yang dikenal dengan istilah batik nusantara telah dikenal oleh dunia. Bahkan oleh UNESCO, salah satu lembaga di PBB, batik nusantara dianggap satu warisan kemanusiaan yang maha estetik. Hal ini tentunya amat membanggakan bagi kita semua sebagai masyarakat Indonesia. Kini batik nusantara yang merupakan warisan nenek moyang sudah dipelihara dan dilestarikan oleh para negarawan. Bahkan sebagian besar acara acara di tanah air, para pesertanya banyak yang menggunakan pakaian batik.

Untuk anda yang ingin menyimak historisitas atau asal usul batik nusantara beserta ruang lingkup perkembangannya, maka beginilah rekam jejaknya.

Batik nusantara ditemukan pada masa abad 17 masehi. Pada masa itu, motif batik banyak digelar di lontar dan pelepah pelepah kayu. Selain itu corak batik juga dituliskan sebagai ornamen pada kayu untuk bahan bangunan rumah adat. Namun, di masa sejarah tersebut, batik masih belum diproduksi secara luas. Selain jumlah nya terbatas, batik jaman tersebut juga memiliki corak yang minim. Biasanya hanya berbentuk mahluk hidup saja.

batik batik

Asal Usul Batik Nusantara

Karena melihat estetika dari seni seni batik, maka pihak kerajaan mulai menaruh minat. Kerajaan pertama yang dianggap mengakomodir seni membatik adalah kerajaan majapahit. Di masa itu, pemakaian motif batik mulai banyak seperti motif candi, awan, dan motif yang terkenal adalah motif wayang. Di masa ini pula batik tidak hanya ditoreh pada dedaunan atau pelepah rotan saja, tetapi sudah menggunakan media konvensional sederhana yaitu kain dengan warna putih kasar.

Popularitas Batik Nusantara

Dengan melihat nilai seni dari batik ini, maka kerajaan kerjaan lain mulai ikut memajukan batik nusantara.  Terutama kerajaan kerjaan yang lahir setelah kerajaan majapahit runtuh. Pada kala itu ada motif batik yang menjadi sorotan karena dilihat sangat kontroversial. Yaitu motif batik binatang. Motif batik ini dianggap menyalahi agama islam. Sehingga kerajaan islam yang muncul setelah kerajaan majapahit mulai membuang motif ini dan menggantinya menjadi motif yang lain.

Perlu anda ketahui, dimasa itu, tehnik pembuatan batik belum modern. Belum ada yang namanya batik cap dan batik printing. Di masa itu, batik nusantara hanya berupa batik yang ditulis. Walaupun begitu nilai keindahan dan estetikanya masih bertahan hingga saat ini.

Progres Modernitas  Batik Nusantara

Jika di masa lalu menurut asal usulnya batik nusantara hanya didominasi oleh keluarga keraton, tapi saat ini batik nusantara telah mulai dikembangakn oleh para anak anak negeri. Sudah banyak pengrajin batik yang mampu menghasilkan batik tulis modern yang berkualitas tinggi. Terutama pembatik dari jawa. Orang orang Jawa memang terkenal sebagai mental seni dan pekerja keras.

Jika di masa lalu batik hanya dibuat dengan cara ditulis, kini dengan adanya pergeseran peradaban, maka pola pembuatan batik yang lebih modern mulai bermunculan seperti batik cap, batik printing dan batik sablon. Selain itu tehnik pembuatannya yang dulu rumit dan jelimet, kini dengan adanya pola pembuatan secara modern, pola pembuatan batik menjadi lebih mudah. Inilah hasil modernisasi pada seni membatik yang menjadi keniscayaan untuk harus dilakukan.

Bukan itu saja, batik yang hanya dijadikan dari selembar kain untuk hiasan atau untuk alat ritual kini sudah bisa dibikin produk yang lebih modern seperti tas, sepatu, baju olahraga, selimut dan banyak model aksesoris dari batik yang lainnya.

Ingin Ngoleksi Batik Nusantara? disini Saja : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s