Batik Indonesia, Batik Terbaik Kualitas Internasional

Batik Indonesia, Batik Terbaik Kualitas Internasional– Siapa sih yang tidak kenal dengan batik Indonesia? Semua pasti mengenalnya. Karena tidak ada seni membatik yang gaungnya sampai ke manca negara kalau bukan batik Indonesia. Bahkan PBB saja dengan UNESCO berhasil mengabadikan batik Indonesia sebagai seni warisan dunia yang unik.

Semua negara di asia tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Timor Leste juga memiliki kesenian membatik. Namun, dari segi kualitas batik Indonesia tetap nomer satu bukan hanya di asia tetapi nomer satu dunia. Tentunya ini adalah kebanggaan tersendiri bagi kita semua sebagai masyarakat nusantara.

batik batik indonesia

Sejarah Batik Indonesia

Batik Indonesia memiliki nilai kesejarahan yang sangat luar biasa. Seni kerajinan kain ini merupakan satu peninggalan budaya keraton yang tetap terjaga sampai saat ini. Itu artinya batik merupakan satu alat untuk mengetahui kondisi masyarakat keraton di Indonesia pada kala itu.

Batik Indonesia pertama kali dilakukan oleh para bangsawan keraton dan keluarga kerajaan. Biasanya hasil membatik ini digunakan sendiri atau dipertunjukkan pada tamu tamu keraton. Di masa itu, batik termasuk seni yang sakral sehingga perkembangannya di monopoli oleh para selir, putri dan permaisuri raja.

Sehingga tiba di satu masa ketika antara kerajaan dengan pemerintah hindia belanda terjadi konflik sehingga semua keluarga kerajaan harus mengungsi akibat konflik tersebut. Mereka pun menyebar ke daerah daerah pedalaman dan pesisir dengan kondisi yang mengenaskan. Artinya para keluarga kerajaan ini mulai hidup sebagai warga pribumi biasa yang kala itu penuh dengan keterbatasan dan kekurangan.

Mereka pun mulai memanfaatkan keterampilan membatik untuk mencari uang. Akhirnya batik pun bertumbuhan bak cendawan di musim hujan. Luar biasanya batik batik ini tetap lestari sampai sekarang.

Apa itu Seni Membatik?

Seni membatik adalah kesenian melukis atau menggambar di atas kain dengan menggunakan alat khusus bernama canting yang dicelupkan pada tinta dari bahan lilin yang dikenal dengan istilah malam untuk menghasilkan gambar yang jelas dan warna yang terang.

Cara membatik tidak mudah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa melakukannya. Biasanya kolaborasi warna merupakan cara tersulit saat membatik. Sedangkan untuk motif gambar bisa menggunakan gambar mahluk hidup, ornamen spiritual atau hanya dengan mengarsir garis yang diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan motif yang rapi dan eksotis.

Apakah Batik Indonesia Harus Dilestarikan?

Batik Indonesia merupakan hasil karya seni dengan cita rasa estetika sangat dahsyat. Menjadi sebuah keprihatinan jika karya seni  yang maha indah ini harus hilang ditelan bumi. Melestarikan batik merupakan solusi untuk menjaga batik tetap eksist. Ini dia alasan mengapa batik Indonesia harus dilestarikan, yaitu :

  1. Telah Mengharumkan Negara dan Bangsa
  2. Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi
  3. Karya seni yang paling indah
  4. Memiliki Nilai kesejarahan yang bagus.

Bagaimana Cara Melestarikan Batik Indonesia?

Sebagai warga negara yang baik, kita harus menjaga aset negara supaya tetap bisa diandalkan di mata dunia. Termasuk kesenian membatik. Batik telah mengharumkan nama bangsa sehingga harus dijaga dan dilestarikan supaya progres ini tidak hilang. Berikut ini kami list cara melestarikan batik Indonesia, yaitu :

  1. Belajar membatik sejak Dini
  2. Tingkatkan kreativitas membatik sesuai jaman
  3. Ciptakan Batik sebagai icon fashion modern
  4. Perkenalkan batik ke seluruh dunia
  5. Gunakan batik sebagai busana di setiap acara dan waktu
  6. Jadikan batik sebagai progress bisnis.

Jika semua ini digalakkan, pastinya batik akan tetap ada di bumi nusantara yang sangat indah dan damai ini.

Ingin Mengoleksi Batik Indonesia? Cari saja disini : https://www.tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s